Selasa, 28 Februari 2012

LOGO Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA



Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Universitas Lampung yang berdiri tahun 1984 dan menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun 1989. Pada tahun 2001 melepaskan diri dari universitas induk, menjadi Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001. Pendiri: Departemen Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah. Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus. dan Sejak tahun 2004 Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung berubah nama menjadi Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan perluasan bidang studi yang di selenggarakan saat ini tidak hanya di bidang pertanian. Bidang-bidang tersebut terdiri atas Program Diploma III, yaitu: Produksi Ternak, Budidaya Perikanan, Produksi Tanaman Perkebunan, Produksi Tanaman Pangan, Hortikultura, Mekanisasi Pertanian, Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan, Teknologi Pangan, Agribisnis, Akuntansi, dan Manajemen Informatika. Sedangkan 2 Program Studi jenjang Diploma IV yaitu: Teknologi Perbenihan, serta Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan.

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

Filosofi dan Visi Politeknik sebagai lembaga pendidikan tinggi dalam pengembangannya selain berpedoman pada azas dasar cita-cita kemanusiaan juga tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan kelestarian sumberdaya alam, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, karena itu dalam proses keterlibatan pengembangan teknologi terapan, ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi dan seni (dan budaya) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membela kepentingan nasional. Di samping itu pengembangan Politeknik juga ditetapkan berdasarkan antisipasi ke depan, kemana dan bagaimana politeknik harus dibawa, karya-karya apa saja yang akan dihasilkan, sumbangan apa saja yang bisa diberikan kepada masyarakat dan negara serta eksistensinya dapat diperhitungkan oleh lembaga lain.

Dengan mengacu pada batasan tersebut maka Politeknik Negeri Lampung mempunyai visi yaitu : " PERGURUAN TINGGI PENGHASIL INSAN PROFESIONAL, CERDAS DAN KOMPETITIF ".

0 komentar:

Poskan Komentar